Senin, 20 November 2017

5 Tips Membeli Cinderamata / Oleh-Oleh

Berkunjung ke tempat wisata kurang lengkap rasanya apabila tidak membeli cinderamata atau oleh-oleh. Karena oleh-oleh akan membuat kita semakin puas dan lebih merasakan sensasi dari liburan yang dinikmati. Oleh-oleh atau cinderamata biasanya tergantung dari tempat wisata yang dikunjungi, maksudnya adalah misal tempat wisata yang dikunjungi adalah pantai maka cinderamata yang biasanya dijual berupa hiasan dari kerang laut, pasir, dan sebagainya. Orang-orang di rumah ataupun teman-teman pasti juga akan sangat senang bila diberi cindera mata. Maka dari itu, membeli cinderamata itu sebenarnya penting untuk membuat orang di sekitar bahagia. 
tips wisata, kurang piknik, tips membeli cinderamata, tips membeli oleh-oleh
5 Tips Membeli Cinderamata / Oleh-Oleh
Namun tahukah kamu bahwa saat membeli cinderamata ada beberapa hal yang harus diketahui, sehingga nantinya setelah membeli Kamu tidak akan merasa menyesal.  Dan berikut ini merupakan tips membeli cinderamata / oleh-oleh untuk dibawa pulang.

1. Menentukan Budget Untuk Membeli

Tips membeli cinderamata/ oleh-oleh yang pertama adalah tentukan budget. Sebelum membeli oleh-oleh, kamu harus menentukan seberapa uang yang akan dikeluarkan untuk membelinya. Hal ini bertujuan sagar kamu tidak boros dalam membeli oleh-oleh atau cindera mata. Maka dari itu, sebaiknya tentukan seberapa uang yang akan kamu sisihkan guna membeli cindermata.
Cara ini bisa membuat kamu memiliki uang lebih untuk berbelanja yang lain. Selain itu, kamu juga tidak akan gelap mata saat melihat betapa banyak serta indahnya cinderamata yang dijual.

2. Menentukan Jenis Cinderamata yang Akan Dibeli

Agar kamu tidak menyesal setelah membeli barang, sebaiknya tentukan terlebih dahulu cinderamata jenis apa yang akan Kamu beli. Misalnya kamu ingin membeli cinderamata berupa baju, maka saat mencari cinderamata kamu cukup mencari baju saja bukan yang lain. Dengan demikian kamu tidak akan boros saat membeli oleh-oleh.
Sebaiknya carilah cinderamata atau oleh-oleh yang bermanfaat dan ada gunanya. Misalpun itu hanya hiasan, pastikan hiasan yang dibeli memiliki manfaat dan enak dilihat. Akan lebih baik jika oleh-oleh yang dibeli adalah khas dari daerah wisata yang dikunjungi dan terdapat manfaat dari cinderamata tersebut.

3. Cari Cinderamata/ Oleh-oleh yang Kualitasnya Bagus

Tips membeli cinderamata/ oleh-oleh yang berikutnya adalah jangan tergiur dengan harga murah saja. Kamu juga perlu memperhatikan kualitas dari cindermata yang akan dibeli. Misalnya kamu ingin membeli oleh-oleh berupa baju, maka cari baju yang sekiranya dipakai itu nyaman dan tidak panas. Sehingga orang yang diberi baju itu juga akan merasa puas. 
Apabila oleh-oleh yang hendak dibeli berupa makanan, maka cicipilah makanan itu sebelum kamu membelinya. Rasakan apakah enak atau tidak, sebab asal membeli bisa membuat kamu menyesal, apalagi jika makanan yang dibeli tidak enak pasti akan dibuang dan akhirnya mubazir.

4. Perhatikan Expaid Produk

Khusus untuk produk makanan dan produk yang menggunakan tanggal kadaluarsa, maka perhatikan benar-benar pada kemasannya. Kamu harus melihat dengan benar kapan produk berakhir masanya. Jangan sampai kamu sudah membeli tetapi barang malah sudah kadaluarsa, paling akhirnya akan dibuang dan kamu akan menyesal. Jadi konsumen atau pembeli harus benar-benar teliti dan jeli. Dengan demikian kamu akan terhindar dari ulah pedagang yang curang, selain itu juga akan menjauhkan diri dari rasa menyesal.

5. Lebih Baik Mencari Dahulu di Internet

Dan tips membeli cinderamata / oleh-oleh yang terakhir adalah mencari tahu terlebih dahulu di Internet / google tentang cinderamata / oleh-oleh dari tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Carilah cinderamata / oleh-oleh khas tempat wisata tersebut, dan dimana cinderamata itu dijual atau dapat kamu peroleh, jangan lupa cari informasi mengenai harganya agar kamu tidak tertipu oleh oknum penjual nakal.

Berwisata ke suatu tempat memang tidak afdol rasanya apabila tidak membelikan sesuatu untuk orang-orang yang disayang. Dengan demikian mereka bisa bahagia dengan apa yang diri kita berikan.
Beberapa tips membeli cinderamata / oleh-oleh harus kamu perhatikan baik-baik supaya dalam membeli barang mendapatkan sesuai keinginan hati. Dengan tips membeli cinderamata / oleh-oleh ini pula kamu akan memperoleh barang yang bagus dan menghindarkan diri dari rasa menyesal.