Kamis, 16 November 2017

Berkunjung Di Jogja Jangan Lupa Mampir Ke 10 Tempat Wisata Di Kulon Progo

Yogyakarta bukan hanya kota pelajar dan kota budaya, melainkan di Yogyakarta terdapat banyak sekali tempat wisata. Salah satu kabupaten yang memiliki potensi wisata alam adalah kabupaten Kulon Progo. 
tempat wisata di kulon progo terbaru, tempat wisata
10 Tempat Wisata Di Kulon Progo
Kulon Progo merupakan sebuah kabupaten yang letaknya berada di bagian barat Provinsi Yogyakarta. Ada banyak sekali tempat wisata di Kulon Progo, namun kali ini yang akan dibahas adalah 10 tempat wisata di Kulon Progo yang wajib dikunjungi. Bagi kamu pecinta Traveling baik di sekitar Jogja maupun diluar Jogja, ada baiknya kamu mengunjungi tempat wisata di Kulon Progo. Pasalnya Kulon progo memiliki potensi alam yang luar biasa dan sayang sekali untuk dilewatkan. 

Bagi kamu yang penasaran, berikut ini adalah 10 tempat wisata di Kulon Progo khusus untuk kamu.

1. Wisata Alam Kalibiru

Bagi kamu yang tingal di Yogyakarta, pastinya kamu tahu wisata alam yang satu ini, ini adalah tempat wisata Kalibiru. Wisata Alam kalibiru sendiri merupakan tempat wisata yang paling populer di kabupaten Kulon Progo. 
Bahkan akhir-akhir ini banyak muda-mudi yang datang berkunjung hanya sekedar untuk selfie sembari menikmati pemandangan alam. Pemandangan yang sangat indah serta terdapat rumah pohon yang disediakan untuk menikmati suasana alam menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Jika kamu main ke Kabupaten Kulon Progo, tidak ada salahnya jika singgah sebentar ke Wisata Alam Kalibiru.

2. Hutan Mangrove Pantai Congot

Hutan Mangrove di pantai Congot sendiri sebenarnya merupakan kawasan konservasi. Namun karena semakin banyaknya minat masyarakat dengan tempat wisata maka Hutan Mangrove ini dijadikan tempat wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat.
Keunikan dari hutan Mangrove ini Kamu bisa melihat tanaman bakau yang mampu melindungi pantai dari abrasi air laut. Sayangnya tempat wisata yang satu ini belum memiliki akses dan fasilitas yang memadai. Maklum saja, karena ini merupakan tempat wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat.

3. Air terjun Perawan

Ketika mendengar nama air terjun ini pasti terasa sangat unik di telinga, ya nama dari air terjun ini adalah Air terjun Perawan. Air Terjun perawan terletak di Desa Sidoharjo, meskipun memiliki nama yang unik namun air terjun ini memiliki keindahan yang laur biasa untuk dinikmati. 
Adapun rute yang bisa ditempuh untuk menuju Air Terjun perawan dari Jogja yaitu dengan melewati jalur Jl. Godean yang bisa ditempuh selama satu jam dengan menggunakan sepeda motor. Jaraknya juga tidak jauh, karena hanya berjarak 29 km saja.

4. Waduk Mini Kleco

Kulon Progo tak ada habisnya dengan tempat wisata, salah satu tempat wisata di kulon Progo yaitu waduk Mini Kleco. Waduk Mini Kleco sendiri merupakan sebuah tempat wisata buatan manusia yang letaknya di Desa Giripurwo kabupaten Kulon Progo. Uniknya, waduk ini terletak di salah satu puncak bukit menoreh.
Dari waduk ini, Kamu bisa menikmati keindahan kota Kulon Progo secara landscape. Sehingga banyak wisatawan yang memutuskan untuk berkunjung ke tempat wisata ini demi menikmati indahnya kota Kulon Progo dari ketinggian.

5. Puncak Dipowono

Pecinta gunung wajib berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, tempat ini banyak diminati oleh para pendaki Indonesia. Tempat wisata ini banyak didatangi oleh para pendaki yang ingin menikmati indahnya suasana Puncak Dipowono. Puncak Dipowono sendiri secara langsung diresmikan oleh Bupati Kulon Progo Hastowardoo pada tanggal 27 Juli 2015 bersamaan dengan pelepasan burung sebagai simbol. 
Puncak Dipowono sendiri merupakan tempat wisata yang lebih mengutamakan kelestarian alam. Selain itu, wisata ini juga lebih mengedepankan kelangsungan lingkungan yang asri bagi masyarakat lokal serta para wisatawan yang datang.

6. Gunung Ijo

Tidak hanya terdapat Waduk Mini Kleco saja yang ada di perbukitan Menoreh, melainkan ada salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi. Ya tempat wisata ini adalah Gunung ijo yang terletak di pucak pegunungan menoreh. 
Lokasi dari Gunung Ijo sendiri berada di perbatasan antara kabupaten Kulon Progo dengan kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Dengan pemandangan yang masih sangat asri ini, kamu bisa menikmati keindahan kota Kulon Progo dan Purworejo melalui ketinggian. Pastinya kamu akan betah berlama-lama disini karena pemandangannya yang sangat indah.

7. Pantai Pasir Kadilangu

Salah satu tempat wisata di Kulon Progo yang saat ini banyak dikunjungi yaitu Pantai pasir Kadilangu. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang romantis dan banyak dikunjungi para pasangan muda mudi di Jogja. 
Tidak hanya romantis, tapi tempat wisata ini juga merupakan spot foto yang banyak dicari oleh pasangan muda-mudi. Tempat wisata Pantai Pasir Kadilangu sendiri cukup populer di masyarakat pada tahun 2016 lalu. Adapun untuk menuju lokasi ini juga cukup mudah, karena sarana akses juga sudah memadai.  Jadi siapapun bisa datang ke Pantai Pasir Kadilangu dan menikmati indahnya pemandangan di pantai ini bersama pasangan.

8. Air Terjun Kedung Penut

Ada banyak sekali tempat wisata di Kulon Progo, salah satunya adalah Air Terjun Kedung Penut. Air terjun yang sangat indah ini memiliki warna air biru dan terdapat tebing-tebing di sekitarnya. 
Banyak orang yang datang berkunjung ke tempat ini hanya untuk melihat keindahan air terjun yang sangat mempesona untuk dipandang mata. Air terjun ini terkenal karena para wisatawan banyak yang memostingnya di Instragam dengan hastag #kedungpenut. Itu terjadi ada tahun 2015, sejak saat itulah air terjun ini banyak dikenal oleh masyarakat luas dan banyak dikunjungi. Tidak bisa di pungkiri memang Air Terjun Kedung Penut memang memiliki keindahan alam yang sangat mempesona.

9. Bukit Isis Nglinggo

Tempat selanjutnya yang wajib kamu kunjungi di Kulon Progo adalah Bukit Isis Nglinggo yang menampilkan pemandangan alam khas pegunungan yang sangat memanjakan mata. Tempat wisata ini juga menjadi tempat wisata di Kulon Progo favorit yang banyak dikunjungi orang-orang. 
Selain memberikan pemandangan pegunungan yang sangat menawan, tempat wisata ini juga sangat murah, karena untuk memasuki kawasan wisata ini kamu hanya akan dikenakan tiket sebesar 3000 rupiah saja. 
Dengan 3000 rupiah kamu bisa menikmati sensasi pegunungan yang sangat segar dan sejuk di tubuh. Lebih menakjubkan lagi karena di sekitar tempat wisata ini terdapat hamparan kebun teh dan pepohonan yang hijau.

10. Air terjun Setawing

Tempat wisata yang selanjutnya adalah Air Terjun Setawing, air terjun ini akan menutup 10 tempat wisata di Kulon Progo yang bisa dikunjungi Kamu. Air terjun ini memiliki keistimewaan dibandingkan dengan air terjun lainnya. 
Hal ini bisa dilihat dari letaknya yang berada di daerah perbukitan. Air terjun ini juga memiliki ketinggian 45meter yang pastinya sangat indah untuk dipandang mata.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Kulon Progo, namun 10 tempat wisata di Kulon Progo ini cukup untuk menambah referensi ketika berkunjung ke kabupaten Kulon Progo. Dijamin, ketika kamu datang ke tempat wisata ini Kamu tidak akan kecewa. Pasalnya semua tempat wisata tersebut merupakan tempat wisata yang populer dan banyak dikunjungi.