Sabtu, 18 November 2017

10 tempat wisata di Cirebon ini bisa Kamu jadikan destinasi di Musim Liburan

Liburan merupakan salah satu cara penting yang bisa kamu lakukan untuk membuat pikiran menjadi segar kembali. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu liburan kamu ialah dengan mengunjungi beberapa tempat wisata.

Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam tempat wisata yang sangat sayang untuk Kamu lewatkan. Salah satu tempat wisata yang paling terkenal hingga ke mancanegara adalah Pulau Dewata Bali. Bali merupakan salah satu tujuan wisata yang menyajikan berbagai macam wisata mulai dari wisata alam, buatan, religi, adat istiadat dna yang lain sebagainya.

Namun, dalam pembahasan kali ini, tempat wisata yang akan dibahas bukanlah Pulau Dewata Bali. Ya 10 tempat wisata di Cirebon ini juga menjadi salah satu kota yang akan ramai dikunjungi para wisatawan. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat yang satu ini rupanya menjadi kota ketiga yang memiliki perkembangan terpesat setelah Bandung dan juga Bekasi.

Kota yang juga disebut dengan kota para sunan ini ternyata menawarkan berbagai macam tempat wisata menarik yang ada di dalamnya. Penasaran ada apa sajakah itu? Di bawah ini 10 tempat wisata di Cirebon yang sangat sayang untuk kamu lewatkan.

1. Keraton Kesepuhan Cirebon

keraton kesepuhan cirebon, 10 tempat wisata di cirebon
Keraton Kesepuhan Cirebon
Salah satu tempat wisata yang ada di Kota Cirebon adalah Keraton Kesepuhan Cirebon. Tempat wisata yang satu ini merupakan tempat wisata sejarah yang wajib untuk kamu kunjungi. Pada zaman dahulu, keraton yang satu ini bernama Keraton Pakungwati. Hal tersebut dilakukan sebagai symbol penghormatan kepada Pangeran Mochammad Arifin yang bergelar Panembahan Pakungwati I.
Bangunan yang memiliki pengaruh dari agama Hindu ini ternyata merupakan bentuk akulturasi dari budaya Sunda, Jawa, Arab, China, India, serta Eropa. Nah, untuk bisa mendalami sejarah yang ada di tempat ini, kamu hanya cukup merogoh koceh Rp 8.000 saja.

2. Keraton Kanoman Cirebon

Daftar kedua dari 10 tempat wisata di Cirebon yaitu ada Keraton Kanoman Cirebon. Keraton yang satu ini rupanya dulunya pernah menjadi pusat peradaban kasultanan Cirebon. 
Selain itu, keraton yang satu ini juga menjadi saksi bisu perkembangan Islam di Kota Cirebon. Jika kamu mengunjungi tempat wisata yang satu ini, maka kamu akan menemukan Kereta Perang Paksi Naga Liman serta Kereta Jempara yang sangat bersejarah.

3. Taman Sari Gua Sunyaragi

Rupanya, Cirebon merupakan salah satu kota sejarah yang sangat menarik untuk Kamu kunjungi. Disini, ada berbagai macam situs serta peninggalan zaman dahulu yang dapat digunakan untuk menambah pengetahuan kamu.
Taman Sari Gua Sunyaragi merupakan satu dari 10 tempat wisata di Cirebon yang wajib untuk kamu kunjungi. Tempat wisata yang sekaligus dijadikan sebagai Cagar Budaya ini rupanya memiliki 18 bangunan sejarah yang merupakan perpaduan antara budaya Indonesia dan China.

4. Apita Waterboom

Tidak hanya terkenal dengan wisata sejarahnya saja, Kota Cirebon rupanya juga memiliki destinasi wahana bermain yang sangat sayang untuk Kamu lewatkan. Apita Waterboom merupakan salah satu tempat wisata yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. 
Harga tiket masuk dari wahana bermain yang satu ini hanya berkisar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 saja. Cukup murah bukan?

5. Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan merupakan salah satu dari 10 tempat wisata di Cirebon yang terletak di wilayah pabrik semen PT Indocement Tunggal Prakarsa, Desa Palimanan Barat, Kecamatan Gempol, Cirebon.
Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang satu ini menawarkan pemandian air panas bagi para wisatawan. Pastinya kamu mengetahui bahwa mandi air panas dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh seperti dapat memperlancar aliran darah serta membunuh kuman dan bakteri.
Dengan berbagai macam manfaat yang dimiliki oleh air panas tersebut tak heran jika tempat wisata yang satu ini selalu ramai terutama di akhir pekan.

6. Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon

Rupanya, kota Cirebon menjadi salah satu kota yang memiliki destinasi wisata yang lengkap. Tak hanya memiliki berbagai macam wisata sejarah saja, alam maupun buatan saja. Namun, disini kamu juga akan disajikan wisata religi terutama bagi kaum muslimin.
Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan salah satu tepat yang digunakan oleh Sunan Gunung Jati untuk menyiarkan agama Islam. Disini, terdapat tiga buah batu tegel lantai yang dipasang oleh Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijaga dan Sunan Bonang. Selain itu, tempat ibadah yang satu ini juga memiliki 9 pintu yang menyimbulkan jumlah keseluruhan dari Walisongo.

7. Waterboom Siwalk

Waterboom Siwalk menjadi satu dari 10 tempat wisata di Cirebon yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga kamu. Ada banyak fasilitas bermain yang bisa Kamu nikmati di tempat wisata yang satu ini. Diantaranya adalah, flying fox, ATV, speed boa, zona petualangan, kolam renang dan juga pemancingan.
Selain itu, kamu juga bisa bermain golf di Taman Wisata Siwalk. Nah, untuk harga tiket dari tempat wisata yang satu ini sangatlah murah yaitu hanya sekitar Rp 3000 saja.

8. Wanawisata Ciwaringin

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang sangat senang akan wisata alam. Wanawisata Ciwaringin merupakan salah satu tempat wisata yang akan memberikan pengalaman berbeda bagi kamu. Udara yang masih sejuk, pemandangan yang masih sangat asri menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata yang satu ini.
Selain itu, kawasan hutan yang masih ditumbuhi banyak kayu putih ini memiliki sebuah danau yang disebut dengan Danau Ciranca. Bagi kamu yang hobi memancing, tempat ini sangat cocok bagi kamu. Adanya arena motor cross yang terdapat di dalamnya membuat tempat ini selalu ramai di datangi oleh para pengunjung dari berbagai daerah.

9. Wisata Kuliner di Desa Wisata Cikalahang

Berbeda dengan beberapa wisata lainnya yang telah dibahas, tempat Wisata Kuliner Desa Cikalahang merupakan salah satu tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. 
Disini, kamu bisa memancing sendiri ikan yang ingin kamu santap. Setelah itu, kamu bisa meminta pengelola untuk memasak ikan yang kamu tangkap. Tak hanya bisa menikmati kulinernya, di tempat ini kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang masih sangat asri nan sejuk.

10. Batik Trusmi Cirebon

Tak lengkap rasanya jika kamu pulang tidak membawa buah tangan bagi keluarga atau dijadikan kenang-kenangan. Nah, Batik Trusmi menjadi satu dari 10 tempat wisata di Cirebon yang terakhir dan akan dibahas. 
Disini, kamu dapat menemukan batik khas Cirebon mulai dari batik tuli, batik cap hingga kombinasi batik tulisan dan cap. Tempat wisata belanja yang satu ini merupakan tempat yang tepat bagi Kamu yang ingin berburu batik Cirebon dengan harga murah tapi berkualitas.

Tentunya, dari 10 tempat wisata di Cirebon akan memberikan sebuah pengalaman hiburan menarik yang tak terlupakan bagi kamu.